Kamis, 23 Juni 2011

Galaunya Mahasiswa

Buat lo pada.. para mahasiswa tingkat akhir
yang lagi galau mikir "pacar" yang pengen segera dinikahin
maksud gue.. skripsi lo pada yang membuat segalanya tampak runyam..

padahal dulunya elo..






eh taunya


n yang elo lakuin sekarang..




apapun yang terjadi..



karena gue percaya..

ditulis oleh seorang mahasiswa yang lagi ngerjain skripsi

Rabu, 22 Juni 2011

Ayah, Berapa Gajimu?



Seperti biasa Andrew, Kepala Cabang di sebuah perusahaan swasta terkemuka di Jakarta , tiba di rumahnya pada pukul 9 malam. Tidak seperti biasanya, Sarah, putra pertamanya yang baru duduk di kelas tiga SD membukakan pintu untuknya.

Nampaknya ia sudah menunggu cukup lama.

“Kok, belum tidur ?” sapa Andrew sambil mencium anaknya.

Biasanya Sarah memang sudah lelap ketika ia pulang dan baru terjaga ketika ia akan berangkat ke kantor pagi hari.

Sambil membuntuti sang Papa menuju ruang keluarga, Sarah menjawab,

“Aku nunggu Papa pulang. Sebab aku mau tanya berapa sih gaji Papa ?”

“Lho tumben, kok nanya gaji Papa ? Mau minta uang lagi, ya ?”

“Ah, enggak. Pengen tahu aja” ucap Sarah singkat.

“Oke. Kamu boleh hitung sendiri. Setiap hari Papa bekerja sekitar 10 jam dan dibayar Rp. 400.000,-. Setiap bulan rata-rata dihitung 22 hari kerja. Sabtu dan Minggu libur, kadang Sabtu Papa masih lembur. Jadi, gaji Papa dalam satu bulan berapa, hayoo ?”

Sarah berlari mengambil kertas dan pensilnya dari meja belajar sementara Papanya melepas sepatu dan menyalakan televisi. Ketika Andrew beranjak menuju kamar untuk berganti pakaian, Sarah berlari mengikutinya.

“Kalo satu hari Papa dibayar Rp. 400.000,- untuk 10 jam, berarti satu jam Papa digaji Rp. 40.000,- dong” katanya.

“Wah, pinter kamu. Sudah, sekarang cuci kaki, tidur” perintah Andrew

Tetapi Sarah tidak beranjak. Sambil menyaksikan Papanya berganti pakaian, Sarah kembali bertanya, “Papa, aku boleh pinjam uang Rp. 5.000,- enggak ?”

“Sudah, nggak usah macam-macam lagi. Buat apa minta uang malam-malam begini ? Papa capek. Dan mau mandi dulu. Tidurlah”.

“Tapi Papa…”

Kesabaran Andrew pun habis. “Papa bilang tidur !” hardiknya mengejutkan Sarah. Anak kecil itu pun berbalik menuju kamarnya.

Usai mandi, Andrew nampak menyesali hardiknya. Ia pun menengok Sarah di kamar tidurnya. Anak kesayangannya itu belum tidur. Sarah didapati sedang terisak-isak pelan sambil memegang uang Rp. 15.000,- di tangannya.

Sambil berbaring dan mengelus kepala bocah kecil itu, Andrew berkata, “Maafkan Papa, Nak, Papa sayang sama Sarah. Tapi buat apa sih minta uang malam-malam begini ? Kalau mau beli mainan, besok kan bisa. Jangankan Rp. 5.000,- lebih dari itu pun Papa kasih” jawab Andrew

“Papa, aku enggak minta uang. Aku hanya pinjam. Nanti aku kembalikan kalau sudah menabung lagi dari uang jajan selama minggu ini”.

“lya, iya, tapi buat apa ?” tanya Andrew lembut.

“Aku menunggu Papa dari jam 8. Aku mau ajak Papa main ular tangga. Tiga puluh menit aja. Mama sering bilang kalo waktu Papa itu sangat berharga.

Jadi, aku mau ganti waktu Papa. Aku buka tabunganku, hanya ada Rp. 15.000,- tapi karena Papa bilang satu jam Papa dibayar Rp. 40.000,- maka setengah jam aku harus ganti Rp. 20.000,-. Tapi duit tabunganku kurang Rp. 5.000,- makanya aku mau pinjam dari Papa” kata Sarah polos.

Andrew pun terdiam. Ia kehilangan kata-kata.

Dipeluknya bocah kecil itu erat-erat dengan perasaan haru. Dia baru menyadari, ternyata limpahan harta yang dia berikan selama ini, tidak cukup untuk “membeli” kebahagiaan anaknya.

Para Ayah ataupun anda seorang ibu… Jangan Lupa .. Anak anda harta yang tak pernah bisa tergantikan nilainya !!!

Jumat, 25 Maret 2011

antimikroba dan ketahanan tubuh

Efek antimikroba:
Modifikasi mikroflora untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen
Menghasilkan zat antimikroba
Kompetisi mendapatkan substrat
Kompetisi penempelan pada dinding epitel usus
Efek antitoksin

Efek melindungi dinding epitel usus:
Barier fungsional
Melindungi terhadap efek inflamasi dan toxin
Menghasilkan senyawa pelindung

Efek meningkatkan ketahanan tubuh:
Activasi makrofag, meningkatkan level sitokinin, aktivitas natural killer cell dan level imunoglobulin
Meningkatkan signal pada inang untuk menghasilkan senyawa anti inflamasi

SUPLEMEN

Dietary supplements
are product (other than tobacco) intended to supplement the diet, such as:
A vitamin
A mineral
An herb or other botanical
An amino acid
Substance to supplement diet by increasing total dietary intake
Concentrate, metabolite, constituent, extract, or combination of above
Dietary supplement:
product intended for ingestion
Not a conventional food
Not a sole item of a meal
Labeled as a dietary supplement

Dietary supplements
Ditujukan untuk menjaga kesehatan, pertumbuhan dan perasaan nyaman

Statements of nutritional Support:
Mengkoreksi penyakit defisiensi nutrisi
Memiliki manfaat ditinjau dari struktur dan fungsi
Mendukung perasaan nyaman secara umum

Nutraceuticals = Functional food
Mempunyai “Health claim”

Suplemen untuk kebugaran
Memperlancar aliran darah
Reologi darah
Mengatasi penyumbatan pembuluh darah
Pembuluh darah kaku
Detoksifikasi
Antioksidan
Meningkatkan stamina tubuh
Regenerasi sel

Suplemen untuk kebugaran
Memperlancar aliran darah
Reologi darah
Mengatasi penyumbatan pembuluh darah
Pembuluh darah kaku

Ginkgo biloba
Penggunaan:
gangguan fungsi otak; melancarkan aliran darah perifer, vertigo, tinnitus
Efek:
Meningkatkan toleransi hipoksia otak
Meningkatkan memori
Efek neuroprotektif
Memperbaiki gangguan kesetimbangan
Memperbaiki mikrosirkulasi dengan mempengaruhi reologi darah

Panax ginseng
Penggunaan:
anemia, diabetes, gastritis, insomnia, aprodisiak, adaptogen, meningkatkan stamina dan konsentrasi, restoratif
Ginseng putih: akar kering yang sudah dikupas
Ginseng merah: akar yang diuapkan menghasilkan warna coklat kemerahan seperti karamel
Penggunaan jangka panjang: simptom seperti keracunan kortikosteroid (hipertensi, nervous, tidak bisa tidur pada beberapa kasus dan efek hipotensi serta menenangkan pada kasus yang lain)

Cynara cardunculus (Artichoke)
Pengunaan:
gangguan dispeptik dan menurunkan kadar kolesterol

Glycine max (Kedelai)
Lecitin, sterol (stigmasterol (20%), sitosterol (50%) dan campesterol (20%)
Menurunkan kadar kolesterol darah
Mekanisme aksi:
Fitosterol lebih hidrofobik dari kolesterol sehingga memiliki afinitas yang lebih besar terhadap micelle yang berfungsi untuk absorbsi kolesterol dan lemak. Fitosterol tidak diabsorbsi dari saluran pencernaan

Detoksifikasi

Sylibum marianum
Penggunaan:
gangguan dispeptis, hepatoprotektif
Mekanisme aksi hepatoprotektif dari silimarin:
Efek melindungi sel dan membran: antioksidatif efek (radical-scavenger) sehingga menghambat pembentukan senyawa toksis hasil peroksidasi lipid dengan menghambat pembentukan radikal bebas, melindungi cadangan glutation
Stabilisasi sel membran hepar: merubah membran sel dengan ikatan pada protein dan reseptor sehingga menghambat absorpsi toksin
Mempercepat regenerasi sel hepar: kecepatan sintesa rRNA melalui peningkatan aktivitas RNA polimerase I sehingga meningkatkan produksi protein

L-Carnitin
Disebut juga Vitamin Bt
Merupakan asam lemak non esensial yang diproduksi dalam tubuh di liver dan ginjal dari lisin dan metionin dengan bantuan Vitamin C, Fe, niasin dan vitamin B6

Fungsi:
melindungi hati dari toksin terutama alkohol
Mempermudah konversi asam lemak menjadi energi (hidrolisa ATP menjadi ADP)

Konsumsi dalam bentuk asetil carnitin lebih disukai karena mudah diabsorbsi dan dapat menembus BBB

Taurin
Fungsi: detoksifikasi, pengendali neurotransmitter, meningkatkan daya tahan tubuh dan memulihkan stamina setelah sakit

Glisin
Fungsi: detoksifikasi, pembentuk glutation

Metionin
Fungsi: pembentukan asam nukleat dan jaringan, sintesa protein, bahan pembentuk asam amino lain (sistein), dan vitamin (kolin). Bekerja sama dengan vitamin B12 dan asam folat membantu tubuh mengatur pasokan protein berlebih dalam diet tinggi protein, membantu menyerap lemak dan kolesterol, melindungi hati
Defisiensi: rematik kronis, sirosis, dan gangguan ginjal

GABA dan asam glutamat
Fungsi:
mengatur transmisi zat kimia penghantar rangsang (neurotransmiter) di SSP sehingga penting untuk metabolisme otak

GABA: memperkuat daya ingat, meringankan gejala epilepsi, dan menurunkan ketegangan karena darah tinggi

Asam glutamat: mempengaruhi kemampuan kognisi, mencegah demensia, dan meningkatkan daya ingat

Valin
Fungsi: membantu saraf otot, mental dan emosional, insomnia, dan keadaan gugup
Defisiensi menyebabkan mudah tersinggung

Treonin
Fungsi: mencegah dan mengobati penyakit gangguan mental, bekerja pada sistem pencernaan dan melindungi hati
Defisiensi pada anak2: mudah tersinggung

Fenilalanin
Fungsi: mengontrol berat badan karena mengatur sekresi kelenjar tiroid dan menekan nafsu makan
Defisiensi: mata merah, katarak, dan perubahan prilaku

Triptofan
Fungsi: bahan untuk sintesis niasin, bahan pembentuk serotonin, pengendoran syaraf dan membantu proses tidur

Lisin
Fungsi: menghambat pertumbuhan virus, mencegah infeksi (bersama dengan vitamin C; A, Zn)

Arginin
Fungsi: pembuatan cairan mani, memperkuat sistem imun, pelepasan hormon, berperan penting dalam pembelahan sel, mempercepat penyembuhan luka, pembuangan amonia dari tubuh, vasodilatasi

Kolostrum
Terdapat pada susu awal segera setelah ibu melahirkan (pre-milk fluid)
Mengandung antibodi imunoglobulin (terutama IgA), limfosit B dan T, makrofag dan netrofil, efek probiotik

Ekstrak hati
Regeneratif dan detoksifikasi dengan menurunkan deposit lemak (efek lipotropik), mempercepat regenerasi sel hati dan mencegah pembentukan jaringan parut

Antioksidan
Meningkatkan stamina tubuh

Regenerasi sel

Morinda citrifolia
Kandungan kimia:
asam amino, mineral, oligosakarida dan polisakarida, beta sitosterol, antrakinon (damnachantal), scopoletin, noniosida, alkaloid
Alkaloid xeronine : memperbaiki sel tubuh yang rusak dengan cara mengatur rigiditas dan bentuk protein spesifik yang bekerja sama dalam fungsi yang berbeda memperbaiki sel yang rusak

Centela asiatica
Penggunaan:
gangguan kulit (eksem), saluran pencernaan (tukak lambung), luka pada pembuluh darah, memperkuat sistem syaraf dan daya ingat
Kombinasi dengan vitamin C memperkuat aktivitas penyembuhan
Mekanisme aksi:
Asiaticoside, asiatic acid, and madecassic acid menstimulasi pembentukan kolagen dan glikosaminoglikan

Herba Suplemen

Asam lemak esensial
Asam lemak yang dibutuhkan untuk kelancaran proses metabolisme tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh atau tidak dapat mencukupi kebutuhan minimal sehingga harus disupply dari luar misalnya dari makanan.
Asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fatty acids, PUFA) adalah: asam lemak yang memiliki dua atau lebih ikatan rangkap tipe cis yang biasanya dipisahkan oleh satu metilen group (methylene interrupted polyenes)


Penggolongan PUFA
1. Asam lemak tak jenuh jamak rantai pendek
(short chain polyunsaturated fatty acids (SC-PUFA)):
ALA : asam alfa-linolenat (α-Linolenic acid (18:3) - ω-3 )
LA : Asam Linoleat (Linoleic acid (18:2) - ω-6)
Keduanya tidak disintesis oleh manusia karena tidak adanya enzym desaturase. Keduanya merupakan prekursor untuk pembentukan asam lemak yang lebih panjang dan memiliki ikatan rangkap lebih banyak (LC-PUFA = long-chain polyunsaturated fatty acids)
2. Asam lemak tak jenuh jamak rantai panjang
(Long chain polyunsaturated fatty acids (LC-PUFA)):
Asam lemak Omega-3: EPA (20:5), DHA (22:6)
Asam lemak Omega-6: GLA (18:3), DGLA (20:3), AA (20:4)
Asam lemak Omega-9: asam oleat

Tubuh manusia tidak mampu menghasilkan enzim desaturase, tetapi mampu memanjangkan dan merombak PUFA.

Manusia dapat mengkonversi ALA menjadi EPA dan DHA, tetapi proses ini berlangsung tidak efisien, yaitu hanya kurang dari 1% - 5% saja.
Jumlah ini dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, diet, khususnya intake PUFA yang lain.

Peranan asam lemak esensial dalam tubuh
Komponen membran sel
Produksi prostaglandin

Pengaruh konsumsi Omega-3 terhadap anak-anak
Perkembangan otak dan retina
Mengatasi gangguan konsentrasi
Mengatasi hiperaktivitas

Pengaruh konsumsi PUFA terhadap depresi
Pasien depresi memiliki kadar Omega-3 yang rendah.
Kadar omega-3 terhadap omega-6 mempengaruhi tingkat keparahan depresi

Pengaruh konsumsi Omega-3 terhadap kesehatan jantung
Anti hemostatik dan anti trombosis
Menurunkan tekanan darah
Dislipidemia
Mengatasi gangguan detak jantung

Pengaruh konsumsi ω-3 dan GLA untuk mengatasi efek negatif asam arakidonat
Displacement
Competitive inhibition
Counteraction

Bagaimana sebaiknya konsumsi asam lemak esensial?
Konsumsi PUFA membutuhkan ekstra antioksidan nutrisi, misal Vitamin E
Konsumsi PUFA sebaiknya setelah makan yang mengandung lemak untuk mengaktivasi mekanisme penyerapan lemak tubuh

Omega-3
ALA (asam alfa linolenat = Alpha linolenic Acid) 18:3 ω-3
Merupakan asam lemak omega-3 yang paling pendek. Memiliki 18 atom karbon dengan 3 ikatan rangkap. Diproduksi oleh tubuh sesuai dengan keperluan, dan peranannya sangat penting bagi struktur membran sel dan banyak proses biologis.
ALA ditemukan pada tahun 1930-an sebagai salah satu antioksidan utama yang penting, dan bertindak secara sinergik (saling memperkuat) dengan antioksidan lain, terutama vitamin C dan E.

ALA (asam alfa linolenat = Alpha linolenic Acid) 18:3 ω-3
Sebagai antioksidan kuat, ALA berfungsi sebagai regenerator glutation
Suplementasi ALA bermanfaat untuk mencegah proses penuaan, kanker, dan keracunan logam berat. Menurut penelitian yang dimuat pada publikasi Diabetologia, pemberian suplementasi ALA membantu menormalkan kembali lesi biokimia yang terjadi sebagai gejala proses penuaan
ALA juga bermanfaat mencegah dan membantu mengobati diabetes tipe 2 ALA mengoreksi kekurangan nutrisi pada penderita diabetes dengan meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel yang sangat penting untuk mempertahankan kadar gula darah pada tingkat normal, dan mencegah terjadinya komplikasi diabetik

ALA (asam alfa linolenat = Alpha linolenic Acid) 18:3 ω-3
ALA yang terlarut dalam lemak maupun air mempunyai jangka waktu pemakaian yang panjang, sehingga bisa lama digunakan tubuh. Suplementasi diberikan bila asupan ALA dari sumber makanan tidak mencukupi, terutama pada masa pertumbuhan, usia lanjut dan sakit kronis.
Sumber: Minyak biji rami (flax seed), canola, borage, blackcurrant, walnuts
Penggunaan: Untuk perawatan kesehatan, kapsul atau tablet dosis 50 mg perhari sebagai makanan kesehatan atau produk multi vitamin. Untuk terapi diabetes, dosis 100 mg dua sampai tiga kali sehari
Perhatian: dosis terapi ALA tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil atau ibu menyusui

Omega-3
EPA (asam eikosapentaenoat = Eicosapentaenoate Acid) 20:5 ω-3
Merupakan prekursor prostaglandin (anti-inflamatorik dan alergi) yang bermanfaat menurunkan respons peradangan (inflamasi) melalui cara berkompetisi dengan asam arakidonat penyebab radang. Suplementasi EPA sangat efektif mengatasi penyakit inflamatorik, terutama rematik (artritis rematoid). Selain itu, dilaporkan juga bahwa EPA berperan sangat penting bagi struktur membran sel dan banyak proses fisiologis lainnya.
Sumber: ikan laut dalam, misalnya makerel, herring, sarden dan salmon dan minyak hati ikan cod (pure cod liver oil)
Penggunaan: Untuk memperkuat imunitas dan mendukung pertumbuhan anak, dosis kapsul 1 g sehari

Omega-3
DHA (asam dokosaheksaenoat = Dokosahexaenoate Acid) 22:6 ω-3
DHA bermanfaat memberikan efek anti-inflamatorik yang tinggi, dan sering digolongkan dalam kelompok EPA. DHA terlibat dalam perkembangan otak di usia pertumbuhan dan pemulihan kesehatan obat di saat penuaan
Kontroversi tentang DHA:
Rekomendasi dari WHO, 1994 berdasarkan hasil riset yang menemukan bahwa DHA terkonsentrasi di otak dan retina pada bayi yang disusui ibunya (breast-fed). Bayi2 tersebut memiliki tendensi untuk lebih baik dalam pertumbuhan dan test kognitifnya
FDA tidak mengizinkan supplemen DHA dalam susu formula bayi

DHA merupakan komponen utama PUFA di membran fosfolipid sel syaraf terutama di otak (40%) dan retina (60%) dan sperma. 50% berat membran syaraf terdiri atas DHA
DHA merupakan komponen utama asam lemak yang terkandung dalam breast milk (0,07->1%)
DHA dan EPA merupakan prekursor untuk pembentukan docosanoids yang merupakan molekul signaling yang penting untuk proses anti inflamasi dan neuroprotective dalam tubuh
Kadar DHA yang rendah dalam darah terbukti menurunkan level serotonin di otak yang terkait dengan penyakit seperti Alzheimer, depresi dan kurang konsentrasi
Sumber: Makerel, herring, sarden, dan salmon, spirulina, chlorella
Penggunaan: Untuk perawatan kesehatan dosis 10 mg sehari. Sebagai suplemen, DHA terdapat dalam banyak produk multivitamin dan makanan kesehatan

Omega-3
Asam steridonat (Stearidonic acid = moroctic acid) 18:4 ω-3
Merupakan asam lemak omega-3 hasil biosintesis dari ALA oleh enzim delta 6-desaturase
Prekursor untuk EPA dan DHA
Sumber: minyak ikan dan minyak tumbuhan: hemp seed, black currant dan spirulina
Suplementasi: pelembab kulit, thrombosis, inflamasi dan kanker

Omega-6
GLA (asam gama linolenat = gamma linolenic Acid) 18:3 ω-6
Pembentuk prostaglandin seri 1 dan 2 yang berperan dalam proses anti radang dengan sasaran kerja pada sistem pengontrolan gula darah. Defisiensi Omega-6 membuat jaringan menjadi kurang responsif terhadap insulin sehingga terjadi gangguan pada pengaturan gula darah. Sebaliknya, diabetes dapat menyebabkan gangguan metabolisme Omega-6
Defisiensi terjadi pada usia lanjut dikarenakan penyerapan yang kurang efektif
Suplementasi: efektif membantu menghilangkan nyeri dan radang pada pasien atritis rematoid, juga untuk wanita yang mengalami gangguan haid
Sumber: Minyak biji: evening primrose, black currant, borrage

Omega-9
Asam Oleat (Oleic acid) 18:1 ω-9
Menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
Mengurangi terjadinya atherosklerosis
Meningkatkan fungsi imun, melindungi terhadap berbagai tipe kanker
Menurunkan resistensi terhadap insulin, sehingga meningkatkan pemeliharan kadar gula darah normal

Blackcurrant seed oil (Ribes nigrum)
Kandungan kimia:
Kaya akan asam gamma linolenat (GLA) 17%; ALA 13%
Indikasi:
Meningkatkan kekebalan tubuh dengan menekan pembentukan prostaglandin-E, anti inflamasi melalui stimulasi produksi prostaglandin-1, PMS, menopause, menurunkan tekanan darah
Dosis terapi harian: 600-6.000 milligrams.
Kapsul tersedia dalam kemasan 200 – 400 mg, masing2 mengandung 14-19% GLA

Evening Primrose (Oenothera biennis)
Produksi:
Minyak dari biji dengan metode ekstraksi dingin menggunakan heksan
Kandungan minyak biji evening primrose
Asam linoleat 65-80%; asam oleat 6-11%; asam gamma linolenat 8-14%; asam palmitat 7-10%
Indikasi dan Penggunaan
Neurodermatitis, sindrom premensturasi, suplemen diet, hiperaktivitas pada anak-anak, menurunkan kadar kolesterol
Dosis:
Kapsul yang distandardisasi menggunakan 0,5% asam gamma linolenat, 3 kali sehari 1-2 kapsul.

Flax seed oil = Linseed oil (Linum usitatissimum)
Kandungan kimia:
asam linolenat 40 – 70%, asam linoleat 10-25%, asam oleat 13-30%

Borago officinalis
Kandungan kimia:
Asam gama linolenat 17-25%, asam linoleat
Penggunaan:
Neurodermatitis dan food supplement

Zaitun (Olea Europea)
Produksi:
Dari buah dengan metode pengepresan dingin
Kandungan kimia:
Asam oleat 56-83%, asam palmitat 8-20%, asam linoleat 4-20%
Indikasi dan penggunaan:
Sediaan dermatologik
Side efek:
Penggunaan internal dapat memicu kolik terutama pada penderita batu empedu

Saffflower oil (Carthamus tinctorius)
Produksi:
Minyak diesktraksi dari embrio buah
Kandungan kimia:
Asam linoleat 55-88%; asam linolenat
Indikasi dan penggunaan:
Pencegahan arteriosklerosis karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Canola seed oil = Low erucic acid Rapeseed oil (Brassica napus)
Produksi:
Minyak diesktraksi dengan metode pengepresan dingin
Kandungan kimia:
Asam oleat 65%, ALA dan asam linoleat 30%
Efek:
Menurunkan kadar kolesterol, trigliserida darah

Perilla seed oil (Perilla frutescens)
Kandungan kimia:
ALA 50-60%, terdapat dalam bentuk trigliserida
Indikasi dan pengunaan:
Suplemen untuk melindungi jantung, membantu mencegah blood clotting, mengatasi beberapa simptom inflamasi, pencegahan kanker
Note:
Warfarin (aktivitas anti trombosis), hemofili, sebelum operasi, dapat menimbulkan diare. Interaksi dengan aspirin dan NSAIDs, bawang putih, ginkgo

Hemp seed oil (Cannabis sativa)
Kandungan kimia:
LA (50-70%), ALA (15-25%) dan GLA (1-6%). Perbandingan LA dan ALA memenuhi kebutuhan tubuh akan EFA, sehingga penggunaan secara terus menerus tidak menyebabkan defisiensi atau ketidakseimbangan EFA

Cod liver oil (Gadus sp.)
Perbedaan dengan minyak ikan: diestraksi dari hati ikan
Kaya akan EPA dan DHA, vit A dan D
Kerugian:
Kemungkinan kontaminasi logam berat dan dioxin, bau, vegetarian, kandungan vit A, kandungan lemak

Spirulina
Food suplemen dari sianobakteria:
Arthrospira platensis, and Arthrospira maxima
Kaya akan GLA, juga mengandung ALA, AA, SDA, EPA, DHA
Diproduksi dalam fermentor, memungkinkan hasil yang bebas kontaminasi

Virgin Coconut Oil (Cocos nucifera)
89,6% asam lemak jenuh (mayoritas asam laurat) dan 6,4% asam lemak tak jenuh (mayoritas asam oleat)
Kaya akan asam lemak jenuh rantai medium (asam laurat=C12:0)
Kaya akan asam lemak jenuh rantai medium (asam laurat=C12:0). Asam laurat memiliki daya antimikroba.

Minyak buah merah (Pandanus conoideus)
74,9% asam lemak tak jenuh (asam oleat, linoleat, ALA dan asam palmitat)

Probiotik dan Prebiotik

Sejarah Probiotik
Penuaan terkait dengan intoksikasi usus oleh bakteri proteolitik (clostridia) yang merubah protein menjadi phenol, amonia dan indol
Memperkenalkan susu asam yaitu susu yang difermentasi oleh bakteri untuk kesehatan dan umur panjang
Henry Tissier: Bifidobacterium
Alfred Nissle: Eschericia coli
Lactobacillus bulgaricus tidak bisa hidup di dalam usus
Lactocillus acidophillus aktif dalam usus
Lily and Stillwell: 1965: istilah “probiotics”

Probiotik
Suplemen diet yang mengandung bakteri atau yeast hidup yang berguna bagi kesehatan dalam jumlah yang cukup
Probiotics have more recently been defined as ‘microbial cell preparations or components of microbial cells that have a beneficial effect on the health and well being of the host’ (Salminen S 1999).
Bakteri paling umum dipakai adalah bakteri asam laktat (LAB) yaitu bakteri yang dapat mengubah karbohidrat menjadi asam laktat
Strains:
Lactobacillus dan Bifidobacterium
Saccharomyces ceriviseae

Flora normal dalam saluran pencernaan
Komposisi flora normal saluran pencernaan
Tergantung pada: diet, iklim, usia, obat (terutama antibiotik), penyakit, stress, pH, infeksi, lokasi geografis, ras, gaya hidup
Kesetimbangan antara bakteri “baik” dan bakteri “jahat” setidaknya adalah 85%:15%.
Jumlah bakteri “baik” dalam usus orang sehat adalah sekitar 100 triliun, 400 species, bakteri anaerob: aerob=1000:1
Bifidobakteria 90% dari populasi bakteri
Normal mikroflora terdiri dari bakteri resident dan transient

Potensi Manfaat Probiotik:
Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi Helicobacter pylori dan mengatasi diare antibiotic-associated
Menurunkan kolesterol: merombak getah empedu
Mengatasi Lactose intolerance
Menurunkan tekanan darah: peptide ACE inhibitor
Mencegah kanker usus besar :
menekan aktivitas β-glucuronidase, mengikat senyawa karsinogenik
amina heterosiklis, meningkatkan aktivitas β-glucosidase
Meningkatkan penyerapan mineral
Menekan Inflamasi
Mencegah iritable bowel syndrome dan colitis

Probiotic strains yang efektif:
Berasal dari manusia
Bermanfaat bagi inang
Non pathogenic dan non toxic
Mengandung kadar sel hidup yang cukup
Bisa mencapai tempat aksi dalam keadaan hidup
Tetap hidup dalam penyimpanan
Antagonis terhadap patogen

Prebiotic
Kandungan makanan yang tidak dapat dicerna oleh manusia maupun bakteri patogen, tetapi berfungsi untuk secara selektif menstimulasi pertumbuhan dan aktivitas bakteri “baik” dalam usus besar sehingga dapat meningkatkan kesehatan.
Bahan yang paling sering dipakai:
karbohidrat terutama oligosakarida yaitu senyawa karbohidrat rantai pendek yang terdiri dari tiga sampai sepuluh molekul gula, setidaknya dua diantaranya adalah fruktosa
misal: FOS (fruktooligosakarida), XOS (xylooligosakarida), dan GOS (galaktoologosakarida)
Synbiotic: Kombinasi prebiotik dan probiotik

Ciri prebiotik
Tidak dicerna di usus halus
Difermentasi di usus besar

Manfaat prebiotik:
Stimulasi pertumbuhan bakteri „baik“
Menekan pertumbuhan bakteri pathogenik
Meningkatkan produksi laktat, asam lemak rantai pendek, asetat, propionat, butirat
Meningkatkan absorbsi mineral
Melindungi mukosa usus

Jenis-jenis prebiotik
Klasifikasi; Sumber; Prosedur
Disakarida
Lactulose, Laktosa, Sintetik
Lacticol, Laktosa, Sintetik

Oligosakarida
FOS; Legumes, sayuran, cereals; Ekstraksi/hidrolisis
(Trans) GOS, Laktosa, Sintetik

Polisakarida
Inulin; Legumes, sayuran, cereals; Ekstraksi
Resistant starches; Legumes, sayuran, cereals; Ekstraksi

FOS
Serat prebiotik yang merupakan senyawa karbohidrat rantai pendek yang tidak dicerna manusia ataupun bakteri patogen, tetapi menjadi makanan utama bagi bakteri “baik”
Sumber:
Bawang merah, asparagus, pisang dan sirup maple
Kestosa (GF2), nistosa (GF3), fructosilnistosa (GF4), inulobiosa (F2), inulotriosa (F3) and inulotetraosa (F4).

Serat
Soluble Fiber
Insoluble Fiber
Resistant Starch

Problems:
Produk probiotik: single strain atau multi strain atau multi species?
Produk probiotik pada susu bayi-balita
Produk prebiotik pada susu bayi-balita
Produk prebiotik pada manula
Keamanan produk prebiotik

Minggu, 06 Maret 2011

jika aku menjadi

malam tak bertuah, siang tanpa pesan
sinisnya hari menyapa diriku
..
..
manusia biasa mungkin takkan sanggup
merenangi nasib gelap gulita
bentangkan hatiku Tuhan peluk aku
cinta sahabat menafkahi jiwa
..
..
jika aku menjadi seperti yang lain hidup bercahaya
mungkin saja aku kehilangan rasa syukur, tak tersenyum dalam damai
coba kau jadi aku, sanggupkah bernafas tanpa udara
namun ku nikmati nasib dan takdir hidup ini bila Tuhan yang mau
..
..
jika aku menjadi berubah melawan garis yang tertulis
bukannya Tuhan tidak mendengar doa kita tapi Ia tahu yang terbaik


jika aku menjadi
ini salah satu tontonan yang mendidik
di tengah acara TV yang ababil
dan yg selalu bikin bilang "cape deh"
belajar dari orang-orang sederhana
yang menjalankan hidupnya luar biasa
banyak belajar dari acara ini
tentang keteguhan, kesederhanaan, kerja keras, kesukuran, dan sebagainya
keren dah buat acara jika aku menjadi, dan theme song nya jg bagus :D