Sabtu, 12 Desember 2009

Asalea (Rhododendron simsii Planch.)

RHODODENDRON SIMSII PLANCH.

Botani

Klasifikasi
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Anglos per mac
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Ericales
Suku : Ericaceae
Marga : Rhododendron
Jenis : Rhododendron simsii Planch,

Nama umum : Asalea

Nama daerah
Jawa : Asalea, Saliyah (Jawa)

Deskripsi
Habitus : Semak menahun, tegak, tinggi 50-100 cm.
Batang : Bulat, percahangan rapat, permukaan kasar, coklat.
Daun : Tunggal, rosel batang, tersebar, langkai pendek, helaian daun bentuk lonjong sampai lanset, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 2-5 cm, lebar 1-2 cm, pertulangan menyirip, permukaan berbulu halus, hijau.
Bungaa : Tunggal, berkelompok, bentuk berkas, tangkai bulat, berbulu, dengan seludang bunga berwarna coklat, panjang 1 -2 cm, warna hijau, kelopak bcrlepasan, 5 helai, ujung runcing, berbulu, hijau, benang sari 6-10, panjang tidak sama, warna orange, dasar mahkota berlekalan, ujung lepas, 5 helai, panjang 5-8 cm, halus, warna orange.
Buah : Kotak, bentuk bulat telur, permukaan berbulu, panjang 0,5-1 cm, coklat.
Biji : Bulat, jumlah banyak, kecil, putih,
Akar : Tunggang, kuning kecoklatan.

Ekologi dan penyebaran
Merupakan tumbuhan yang umumnya dibudidayakan sebagai tanarnan bias dan ornamen taman, dari dataran rendah sampai pegunungan pada ketinggian 100 m sampai l.500 m di atas permukaan laut, Tumbuh baik pada tanah yang gembur dan subur dan di tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari. Berbunga sepanjang tahun tetapi pemanenan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau.

Bagian yang digunakan
Bunga, daun dan akar dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan.

Kegunaan
Obat batuk, obat reuniatik, penghangat badan.

Khasiat dan pemanfaatan
1. Obat batuk daun asalea segar sebanyak 60 gram dicuci bersih dan direbus dengan 400 ml air hingga mendidih selama 15 menit atau air rebusan tinggal setengahnya. Dinginkan dan disaring kemudian minum sekaligus, lakukan pengobatan sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.
2. Obat rcumatik: daun asalea segar sebanyak 10 gram potong-potong kecil, dicuci bersih rebus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan saring, minum sekaligus. Lakukan pengobatan sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore. Hati-hati jangan gunakan dengan takaran rnelebihi dosis yang dianjurkan karena dapat rnenyebabkan keracunan.

Kandungan kimia
Daun asalea mengandung aikaloida, saponin dan tanin, sedangkan bunganya mengandung flavonoid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ayo tulis komentar donk