Minggu, 22 Agustus 2010

Efek samping dari Panax ginseng

Panax Ginseng
Nama ilmiah : Panax ginseng
Nama lain : Asian ginseng, Chinese ginseng, Ginseng, Panax, Guigai, Ginseng Jepang, Ginseng Korea, Ninjin, Ginseng Oriental, Panax scinseng, Ginseng merah
Catatan : Panax ginseng berbeda dengan ginseng amerika dan Eleuthero (umumnya disebut sebagai ginseng Siberian). Ginseng-ginseng tersebut tidak dapat dipertukarkan.
Ginseng telah diketahui sebagai adaptogen paling baik. Yang memiliki komponen yang mampu membantu mengatasi individu dari sters fisik dan emosional. Sebagai bagian dari pengobatan tradisional Cina, Panax ginseng telah digunakan untuk mengatasi penyakit ringan sampai kanker. Panax ginseng digunakan secara ekstensif di Cina sebagai tonik harian untuk perawatan kesehatan secara menyeluruh untuk menangani beberapa penyakit , termasuk kondisi heparnya.
Pada pengobatan herbal ala barat, Panax ginseng telah digunakan untuk meregulasi sistem imun yang ditunjukkan oleh studi pada evektivitas untuk mencegah pilek, flu dan beberapa bentuk kanker. Pada uji klinik, panax ginseng menunjukkan penurunan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Bagaimanapun, hal tersebut membantu terapi diabetes tipe 2 dan kolesterol. Hal tersebut merupakan potensial lain dari penggunaan yang telah ditujukan sebelumnya. Studi pada hewan dan manusia secara terpisah, Panax ginseng menunjukkan efek relaksasi dari paru-paru. Hasil dari perluasan jalan udara dapat membantu mengurangi gejala asma dan kondisi paru-paru yang lain yang dihasilkan dari konstriksi jalan nafas. Pada studi lain, kombinasi antara Panax ginseng dipercaya mampu meningkatkan kemampuan fungsi memori dan berpikir. Awalnya, hasil dari studi laboratorium mampu menunjukkan bahwa senyawa kimia ini pada dosis oral mampu memacu pertumbuhan pembuluh darah, yang dapat dipicu oleh perlakuan perlukaan yang luas. Semua efek ini mungkin untuk dilakukan studi.
Ketika diaplikasikan pada kulit, Panax ginseng mampu memacu pertumbuhan kolagen dan pembuluh darah. Kolagen adalah protein yang dibuat untuk menghubungkan jaringan penyokong kulit. Karena produksi kolagen menurun sejalan dengan peningkatan usia yang semakin tua, suplemen kolagen mampu mencegah atau memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis penuaan. Krim dan lotion Panax ginseng secara topikal juga digunakan untuk mengobati bekas jerawat dan luka kulit. Rg1 dan senyawa kimia lain pada Panax ginseng berfungsi menaikkan angiogenesis yaitu pertumbuhan pembuluh darah baru pada mulut. Ketika angiogenesis ada pada tumor dan menyebar, ginseng juga membantu menyembuhkan dan memperbaiki aliran darah pada jaringan yang luka.
Bentuk oral dan topikal dari Panax ginseng digunakan untuk mengobati disfungsi erektil pada pria. Pada studi yang luas juga ditemukan bahwa konsumsi Panax ginseng secara oral, meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan jumlah, qualitas dan gerakan sperma. Meskipun pendapat ilmiah bahwa Panax ginseng mampu memacu kesuburan pria merupakan pengetahuan yang tidak lengkap, senyawa kimia pada Panax ginseng dipastikan menngaktivasi sistem tubuh dengan meningkatkan produksi hormon.
Panax ginseng menigkatkan kadar testosteron pada darah adalah sudah dipastikan. Namun demikian, disarankan untuk aktivasi hormonal, frekuensinya ditambahkan pada minuman olahraga atau suplemen untuk meningkatkan performen dari atlet, meskipun belum ditemukan fakta yang mendukung.
Aktivitas yang sama pada hormone, kandungan kimia dari Panax ginseng (PG) juga punya efek yang sama pada hormon wanita,estrogen. Beberapa studi laboratorium menunjukkan, PG mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara yang dipengaruhi oleh estrogen, mungkin oleh teraktivatisinya reseptor estrogen. Penelitian lain menunjukkan bahwa PG dapat menaikkan kadar darah dari substansi tubuh yang dipengaruhi oleh estrogen. Hasil dari analisis kimia menunjukkan bahwa beberapa kemungkinan efek estrogenik dari PG mungkin disebabkan jamur yg mengkontaminasi akar PG. PG dapat membantu mencegah gejala menopause dan kondisi buruk dari rendahnya tingkat estrogen, namun belum diketahui mekanismenya. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui kmungkinan efek sepeerti estrogen dari PG.
Kapankah PG dengan aman dapat digunakan?
Sindrom seperti intoksikasi masih ditunjukkan pd bbrp bayi yg baru lahir yg diberikan PG atau ibunya yg mngkonsumsi PG saat hamil dan menyusui. Salah satu dokumen kasus kematian bayi yg dipengaruhi oleh intiksikasi PG telah dilaporkan. Anak kecil dan bayi seharusnya tidak diberikan PG; ibu hamil dan menyusui seharusnya jg mghindari menggunakannya.
Perempuen yg kondisinya dipengaruhi hormon spt endrometiosis, fibroid uterine dan kanker payudara, ovaries, atau uterus seharusnya tidak menggunakan PG, disebabkan oleh efek estrogenik. Laki-laki dengan kanker prostat seharusnya jg menghindari menggunakan PG.
Dalam studi klinik baik manusia atau hewan, PG dapat memperlambat dan menurunkan kecepatan denyut jantung. Ini dapat mengurangi tekanan darah pada bbrp kasus. Semua efek ini bisa memperburuk kondisi jantung. Individu dengan macam-macam penyakit jantung seharusnya menghindari menggunakan PG tanpa pengawasan dari paramedis profesional.
Precautions
Individu dengan penyakit diabetes seharusnya menghindari pemberian PG dalam jumlah besar karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah, secara potensial dapat menyebabkan hipoglikemia(kadar gula terlalu rendah). Indikasi kadar gula darah yg terlalu rendah mungkin dapat menyebabkan kejang, berkeringat, bingung, sulit bicara, dan kehilangan kontrol motorik. Jika tidak ditanggulangi, kadar gula rendah dapat menyebabkan unconscioosiness dan kematian.
Pemberian PG melalui p.o dapat memperburuk insomnia. Akar dari PG yg dipanen dari tanamana liar yg terkontaminasi oleh mold yg berpotensi berbahaya. Jika akar PG dikemas harus bersih, firm, dan bebas jamur. Produk PG yg dijual komersial hrs dibuat dari akar PG yg dipotong, yg tidak ditemukan kontamina jamur.
Efk samping apa yg harus diketahui?
Note :
Bbrp efek samping dr PG telah dilaporkan pd individu yg mendapat dosis tinggi atau yg mendapat PG terus menerus untuk periode panjang.
Efek samping mayor
Bayi yg diberi PG mungkin mengembangkan kondisi intoksikasi alkohol yg menyebabkan kematian bayi yg baru lahir.
Sangat jarang, penggunaan PG per oral telah dilaporkan dengan kasus non infeksi hepatitis. Dalam laporan lain, PG dapat menyebabkan inflamasi dari vessel darah dalam otak (dalam kondisi pusing atau stroke).
Satu kasus telah dilaporkan pada individu yang mempunyai gejala seperti anafilaksis segera setelah meminum syrup yang berisi panax ginseng. Anafilaksis adalah reaksi alergi yang potensial dapat mempengaruhi perkembangan dari rash atau hives, tiba-tiba menurunkan tekanan darah, swelling of the mouth, atau unconsciousness.
Dalam kasus yang jarang, panax ginseng dapat menyebabkan reaksi kulit yang sangat serius disebut stevens-johnson syndrom. Dokter harus diberitahu secepatnya jika mendapat panas tinggi, swollen eyelids, blister in the mouth, atau kemerahan pada kulit ketika diberikan panax ginseng.
Efek samping berat
Efek samping lain dari pemberian panax ginseng adalah sangat umum dan temporary. Biasanya ini akan segera hilang setelah beberapa hari dan efek samping ini termasuk:
Perubahan tekanan darah
Nyeri payudara
Diare
Sakit kepala
Pening
Perubahan denyut jantung
Insomnia
Batuk
Kehilangan nafsu makan
Perubahan mood
Nervous
Beberapa individu mempunyai pengalaman reaksi gatal setelah mengkonsumsi panax ginseng atau menyentuh tanaman panax ginseng.
Interaksi apa yang harus saya ketahui?
Prescription drugs
Panax ginseng telah menunjukkan menaikkan waktu yang dibutuhkan darah untuk sirkulasi. Ketika ini diberi antiplatelet atau antikoagulan, efek obat akan naik, mungkin dihasilkan dalam campuran yang tidak dikontrol.
Agen Antiplatelet mempengaruhi clopidrogel dan ticlid.
Antikoagulan mempengaruhi heparin dan warfarin.
Beberapa obat yang digunakan untuk asma, masalah jantung, atau masalah lain dapat menyebabkan ritme jantung. Karena panax ginseng dapat merubah kecepatan jantung, ini dapat menaikkan resiko dari efek samping obat seperti:
Talbuterol, konidin, teofilin dan obat asma lain, viagra.
Kasus yang dilaporkan, tes kadar darah dari obat jantung digoxin telah diketahui ketika panax ginseng diberikan dalam waktu yang sama seperti digoxin. Individu yang diberi panax ginseng dan juga diberi digoxin membutuhkan tes yang lebih untuk memperkirakan kadar digoxin dalam darah.
Panax ginseng dapat interfere dengan insulin dan obat diabetes oral seperti:
Actos
Avandia
Glimepirid
Glipizide
Glyburid
Glysete
Metformin
Prandin
Precose
Panax ginseng dipercaya berefek pada neurotransmitter, zat kimia yang membawa pesan dari sel syaraf ke sel yang lain. Obat antipsikotik digunakan unuk mengobati penyakit mental seperti Schizoprenia serta mengubah level neurotransmitter. Jika Panax ginseng dan obat antipsikotik digunakan bersama-sama, maka keefektifan obat dapat berubah, sehingga sebaiknya menghindari penggunaan Panax ginseng ketika mengkonsumsi obat antara lain:
Chlorpromazine
Fluphenazine (prolixin)
Olanzapine (zyprexa)
Prochlorperazine (compazine)
Risperdal
Seroquel
Karena dapat dirusak oleh enzim dalam liver, Panax ginseng kemungkinan dapat berinteraksi dengan resep obat-obatan yang diproses oleh enzim yang sama.
Beberapa obat tersebut adalah:
Obat alergi seperti fexofenadine
Obat anti fungal seperti iraconazole dan keconazole
Obat kanker seperti etoposide, paclitaxel, vinblastine, atau vincristine
Obat untuk anti kolesterol seperti lovastatin
Kontrasepsi oral
Dalam kasus yang dilaporkan, resiko efek samping seperti pusing, insomnia, dan gemetar ketika panax ginseng digunakan bersamaan dengan antidepresan yang diketahui sebagaiMAO inhibitor. Yang termasuk obatnya antara lain:
Marplan
Nardil
Selegiline 9eldepryl, emsam, zelapar)
Tranylcypromine
Karena merupakan sistem stimulan pusat syaraf non spesifik, Panax ginseng mungkin dapat meningkatkan efek serta efek samping obat yang juga menstimulasi sistem pusat syaraf. Terutama digunakan untuk mengobati penyakit hiperaktif, narcolepsy dan obesitas. Obat stimulansia dapat meningkatkan detak jantung dan ekanan darah. Diantaranya adalah:
Garam-garam amfetamin (adderall)
Dextroamphetamine (dexedrine)
Methylphenidate (concerta, methlyn, ritalin)
Phentermine (adipex-P, ionamin)
Efek stimulant dalam Panax ginseng dapat berinteraksi dengan obat-obatan untuk insomnia, seperti lunesta, rozerem, sonata dan zolpidem.

Obat yang tidak diresepkan
Panax ginseng dapat menurunkan kemampuan pembekuan darah. Aspirin juga dapat memperlambat pembekuan darah, jadi Panax ginseng tidak boleh digunakan bersamaan secara oral dengan aspirin. Stimulan dapat juga termasuk dalam obat yang tidak diresepkan yang digunakan untuk meningkatkan energi, mengurangi berat badan, meningkatkan kewaspadaan mental, atau mengobati demam atau asma. Jika Panax ginseng digunakan dalam waktu yang bersaman dengan obat-obatan tersebut, sistem syaraf pusat kemungkinan dapat distimulan secara berlebihan, dapat menyebabkan insomnia, iritasi, dan meningkatkan tekanan darah. Seseorang yang tidak yakin terhadap obat yang tidak diresepkan tang menggunakan stimulansia harus bertanya pada dokter atau pharmacist sebelum menggunakan Panax ginseng.

Produk herbal
Secara teori, jika Panax ginseng digunakan bersama dengan obat hrbal lain yang berefek membekukan darah, pendarahan kemungkinan dapat terjadi. Beberapa dari kebanyakan produk herbal umum yang dapat menghambat pembekuan darah antara lain:
Danshen
Devil’s claw
Eleuthero
Garlic
Ginger 9dalam jumlah besar)
Ginkgo
Horse chestnut
Papain
Red clover
Saw palmetto
Jika Panax ginseng digunakan bersama dengan herbal lain yang juga berefek pada jantung kemungkinan dapat membahayakan fungsi jantung.Beberapa produk herbal yang memiliki efek pada jantung:
Mistlitoe eropa
Ginger (dalam dosis besar)
Hawthorn
Motherwort
Akar pleurisy
Squill
Karena Panax ginseng dapat menurunkan kadar gula darah, penggunaannya dengan produk herbal yang berefek menurunkan gula darah dapat menyebabkan hipoglikemi. Contoh herbalnya antara lain:
Fenugreek
Ginger (dalam jumlah besar)
Kudzu
Produk herbal stimulan dapat menyebabkan efek samping jika digunakan dengan Panax ginseng. Herbal produk tersebut termasuk ephedra (telah ditarik dari pasaran), guarana, dan mate. Penggunaan bersama-sama dengan Panax ginseng dengan herbal tersebut dapatmenyebabkan insomnia, iritasi, rasa gelisah, dan fek samping lainnya.

Makanan
Kafein dapat meningkatkan efek stimulan sistem syaraf pusat dari panax ginseng. Kombinasinya dapat menyebabkan rasa gelisah dan iritasi yang berlebihan,
Minuman yang berkafein seperti kopi, softdrink dan the harus dibatasi ketika menggunakan Panax ginseng.
Beberapa interaksi antara produk herbal dengan obat dapat lebih berat daripada yang lainnya. Cara yang terbaik untuk menghindari bahaya interaksi adalah katakanlah kepada dokter atau farmasis, obat apa yang baru-baru ini sedang anda gunakan, termasuk vitamin dan juga produk herbal, serta makanan dan keraasnya terhadap interaksi.

HARUSKAH SAYA MENGGUNAKAN INI?
Tanaman ginseng amerika dan Panax ginseng sekilas tampak serupa. Bagaimanapun juga Panax ginseng secara umum lebih besar daripada ginseng amerika. Selain itu, panax ginseng dan ginseng amerika memiliki kandungan kimia yang berbeda. Pada tanaman dewasa dari kedua jenis ginseng memiliki 3 sampai 7 batang pendek dan setiap batang terdiri dari 5 daun.
Walaupun seluruh bagian, bunga, daun, dan batang dari panax ginseng dapat memiliki khasiat sebagai pengobatan, bagian akarlah yang secara eksklusif digunakan sebagai pengobatan. Biasanya akar panax ginseng lebih besar daripada ginseng amerika. Pada panax ginseng biasanya memiliki bau yang manis. Akar ginseng amerika sedikit bahkan tidak berbau. Akar segar panax ginseng berwarna sedikit kehitaman, sedangkan ginseng amerika berwarna kuning atau krem. Kecepatan pertumbuhan ginseng amerika tidak sama, akar panax ginseng yang baik tidak terlalu besar saat diatanam sampai tumbuhan tersebut berumur 7 tahun. Panax ginseng liar tumbuh lebih lambat, meskipun lebih efektif daripada pertumbuhan akar, akar panax ginseng ternyata tumbuh sangat lama dan lebihnya lagi mahal, kadang-kadang dijual 1000$ per pound. Nama “ginseng merah” berhubungan dengan metode penyimpanan akar panax ginseng dengan penguapan bertekanan tinggi. Di jepang sangat populer, proses dengan penguapan lebih baik untuk peningkatan jumlah komponen aktif dari panax ginseng.
Panax ginseng dan ginseng amerika juga memiliki perbedaan dalam beberapa aspek kimianya. Perbedaan yang paling diperhatikan adalah bahwa panax ginseng memiliki steroid (ginsenosida) atau Rg1 yang lebih tinggi dan kandungan ginsenosid lainnya (Rb-1) yang lebih rendah. Rb1 dan Rg1, keduanya memiliki efek yang sama, keduanya dipercaya untuk memperkuat daya ingat. Bagaimanapun juga Rb1 dapat menimbulkan efek mengurangi stres yang lebih, Rg1 memiliki pengaruh kuat terhadap sistem imun.
Di amerika utara, panax ginseng dikenal sebagai suplemen diet. Di negara asia, panax ginseng memiliki banyak kegunaan. Panax ginseng digunakan untuk bahan perasa minumam dan makanan, dan digunakan sebagai bahan pengisi dalam beberapa soft drink dan permen kunyah, juga termasuk dalam tablet vitamin. Permen kunyah akar panax ginseng dapat diberikan pada balita yang sedang tumbuh gigi. Serbuk panax ginseng dapat ditambahkan untuk memasak makanan atau membuat kopi. Dalam kosmetik, panax ginseng digunakan sebagai pewangi dan pewarna.

Dosis dan administrasi
Panax ginseng tersedia dalam dosis oral yan berbeda-beda dalam jumlah yang besar, termasuk kapsul, serbuk akar kering, akar segar, ekstrak cair dan the. Ini dapat ditemukan sebagai pengental tunggal. Juga dalam berbagai produk dengan kombinasi yang bermacam-macam. Banyak produk panax ginseng yang terstandarisasi, terdiri dari 7% bahan aktif yang dikenal sebagai ginsenosid. Standarisasi untuk manufaktur harus tepat dalam keseragaman zat aktif pada setiap batch pada produk yan dijual. Administrasi makanan dan obat amerika tidak mengharuskan standarisasi pada produk herbal, jadi tidak setiap produk panax ginseng yang dijual di amerika mempunyai jumlah bahan aktif yang sama. Sebagai tambahan, jumlah bahan aktif dalam panax ginseng bissa berbeda-beda tergantung bagaimana tumbuhan tersebut tumbuh, dipanen, diproses dan dipasarkan. Produk panax ginseng mungkin secara luas lebih murah daripada tipe ginseng yang lain.
Untuk perbaikan atau mempertahankan kesehatan tubuh, biasanya dalm sehari dianjurkan untuk pemakaian oral sebanyak 500mg (0,5g) sampai 3000mg (3g) akar segar panax ginseng atau 200mg (0,2g) sampai 600mg (0,6mg) bubuk akar kering dalam kapsul. Dosis untuk kondisi lain bedanya sangat besar tergantung pada suatu jenis produk yang digunakan dan kondisinya. Jika digunakan panax ginseng, harus disertakan petunjuknya dalam bungkus produk yang dijual.
Teh panax ginseng mungkin dibuat dengan merendam 3000mg (3g) akar segar yang dipotong-potong atau 1500mg (1,5g) bubuk akar kering dalam 5ons air mendidih selama 10-15 menit dan kemudian disaring. Teh panax ginseng mempunyai rasa yang kuat, sehingga seringkali perlu pemanis, pewangi, atau dicampur dengan herbal lain sebelum diminum.
Kebanyakan sumber menyarankan bahwa pemakaian secara oral panax ginseng bereaksi dalam 2 minggu sampai 3 minggu setelah itu digunakan secara lanjut sampai 3 bulan.

Ringkasan
Biasanya banyak diambil sebagai adaptogen atau obat kuat untuk menghilangkan stres. Panax ginseng telah diteliti untuk menambah daya ingat, menghilangkan asma, menambah daya tahan tubuh. Panax ginseng selalu dapat untuk menurunkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol. Keduanya baik pemakaian oral atau topikal, dapat menyembuhkan disfungsi ereksi dan mencegah penuaan dini. Panax ginseng selalu dapat meningkatkan hormon laki-laki, tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut dalam peningkatan hormon estrogen ini.
Resiko
Setiap orang yang mempunyai penyakit hati atau kanker paru-paru, ovarium, prostat, atau uterus sebaiknya tidak mengkonsumsi panax ginseng. Wanita hamil, bayi, dan anak kecil sebaiknya menghindari penggunaan ini. Orang yang mempunyai diabetes atau susah tidur harus diperiksa secara teliti dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi panax ginseng.

Efek samping
Kadang-kadang, bayi yang baru lahir diberi panax ginseng kondisinya dapat baik/ sehat. Pada orang dewasa, dalam beberapa kasus terjadi hepatitis atau pendarahan otak setelah mengkonsumsi panax ginseng. Panax ginseng dapat menurunkan kinerja hati. Dalam satu kasus kemungkinan orang yang tidak cocok mengkonsumsi panax ginseng hasilnya mengakibatkan gangguan pernafasan, darah rendah, mendadak mukanya pucat. Selebihnya panax ginseng menimbulkan efek samping diare, insomnia, gugup.

Interaksi
Panax ginseng mungkin mengganggu dalam banyak resep obat, bukan resep produk, herbal, termasuk : albuterol, kafein

Obat dan herbal yang digunakan untuk mengobati diabetes
Obat untuk insomnia
Obat untuk szinoprenia
MAO inhibitor
Teofilin dan obat yang berkaitan dengan asma
viagra

6 komentar:

  1. blognya bagus, cuma kombinasi warnanya membuat agak kurang nyaman dibaca. padahal artikelnya lumayan panjang-panjang.
    mungkin bisa disediakan artikel yang sama dalam format pdf sehingga pembaca bisa men-download dan/atau membuat hardcopynya.

    BalasHapus
  2. ok,, nanti kalo saya sudah punya waktu agak longgar,, saya perbaiki layout blog saya.. terima kasih masukannya

    BalasHapus
  3. Muscles Relaxant Adaptogen ( PANAX GINSENG )
    apa Panax Ginseng berguna untuk otot...

    BalasHapus
  4. trims infonya pdhal bru mau beli olshop suplemen yg ada pg nya :)

    BalasHapus
  5. Kl utk penyakit dbd bg anak umur 6 thn di beri panax ginseng ini bgs gak mbah, apa efek sampingnya, dan brp utk dosis nya, mhn info nya mbak

    BalasHapus
  6. Kl utk penyakit dbd bg anak umur 6 thn di beri panax ginseng ini bgs gak mbah, apa efek sampingnya, dan brp utk dosis nya, mhn info nya mbak

    BalasHapus

ayo tulis komentar donk