Selasa, 02 Maret 2010

efek sedatif

Penggolongan suatu obat ke dalam jenis sedative-hipnotik menunjukkan bahwa kegunaan terapeutik utamanya adalah menyebabkan sedasi (dengan disertai hilangnya rasa cemas) atau menyebabkan kantuk. Sedative-hipnotik seringkali diresepkan untuk gangguan tidur karena termasuk ke dalam obat-obatan penekan Sistem Saraf Pusat yang dapat menimbulkan depresi (penurunan aktivitas fungsional) dalam berbagai tingkat dalam Sistem Saraf Pusat.
Sedatif adalah obat tidur yang dalam dosis lebih rendah dari terapi yang diberikan pada siang hari untuk tujuan menenangkan. Sedatif termasuk ke dalam kelompok psikoleptika yang mencakup obat0obat yang menekan atau menghambat sisem saraf pusat.
Sedatif berfungsi menurunkan aktivitas, mengurangi ketegangan, dan menenangkan penggunanya. Keadaan sedasi juga merupakan efek samping dari banyak obat yang khasiat utamanya tidak menekan Sistem Saraf Pusat, misalnya antikolinergika.
Sedatif-hipnotik berkhasiat menekan Sistem Saraf Pusat bila digunakan dalam dosis yang meningkat, suatu sedatif, misalnya fenobarbital akan menimbulkan efek berturut-turut peredaan, tidur, dan pembiusan total (anestesi), sedangkan pada dosis yang lebih besar lagi dapat menyebabkan koma depresi pernafasan dan kematian. Bila diberikan berulang kali untuk jangka waktu lama, senyawa ini lazimnya menimbulkan ketergantungan dan ketagihan.
Hipnotika atau obat tidur adalah zat-zat yang dalam dosis terapeutik diperuntukkan untuk mempermudah atau menyebabkan tidur. Hipnotika menimbulkan rasa kantuk, mempercepat tidur, dan sepanjang malam mempertahankan keadaan tidur yang menyerupai tidur alamiah. Secara ideal obat tidur tidak memiliki aktivitas sisa pada keesokan harinya. (Drs. Tan Hoan Tjay dan Drs. Kirana Rahardja, 2002)
Efek hipnotik meliputi depresi sistem saraf pusat yang lebih kuat daripada sedasi, hal ini dapat dicapai dengan semua obat sedative dengan peningkatan dosis. Depresi sistemsaraf pusat yang bergantung pada tingkat dosis merupakan karakteristik dari sedative-hipnotik. Dengan peningkatan dosis yang diperlukan untuk hipnotik dapat mengarah kepada keadaan anestesi umum.



Masih pada dosis yang tinggi, obat sedative-hipnotik dapat mendepresi pusat-pusat pernafasan dan vasomotor di medulla, yang dapat mengakibatkan koma dan kematian. (BertramG. Katzung, 2002)
Bentuk yang paling ringan dari penekanan sistem saraf pusat adalah sedasi, dimana penekanan sistem saraf pusat tertentu dalam dosis yang lebih rendah dapat menghilangkan respon fisik dan mental tetapi tidak mempengaruhi kesadaran. Sedatif terutama digunakan pada siang hari, dengan meningkatkan dosis dapat menimbulkan efek hipnotik. Jika diberikan dalam dosis yang sangat tinggi, obat-obat sedatif-hipnotik mungkin dapat mencapai anestesi, sebagai contoh adalah barbiturat dengan masa kerja yang sangat singkat yang digunakan untuk menimbulkan anestesi adalah natrium thiopental (Pentothal).
Penggolongan obat yang bekerja dengan mekanisme penekanan sistem saraf pusat dilihat berdaasrkan efek terapeutiknya adalah:
1. Depresan sistem saraf pusat umum
Efek dari obat ini bersifat mendepresi secara ridak selektif pada struktur sinaptik, termasuk pada jaringan prasinaptik dan pasca sinaptik. Penggunaan obat golongan depresi sistem saraf pusat umum ini menstabilkan membran neuron dengan cara mendepresi struktur dari pasca sinaps, selain itu juga dengan mengurangi jumlah transmitter kimia yang dilepaskan oleh neuron prasinaps.
2. Rangsang sistem saraf pusat umum
Obat golongan ini juga bekerja secara tidak selektif, seperti pada obat depresi umum, namun terdapat perbedaan mekanisme kerja dari obat golongan ini. Cara kerjanya dalam tubuh melalui salah satu tahap, yaitu dengan mengurangi hambatanpada pasca sinaps atau mengeksitasi neuron secara langsung. Proses terjadinya eksitasi dari neuron secara langsung dapat dicapai dengan mendepolarisasi atau mengurangi kepolaran dari sel prasinaps. Cara lain adalah dengan meningkatkan pelepasan prasinaps akan transmitter, selain itu juga dapat dilakukan dengan menurunkan waktu paruh dari sinaptik.
3. Obat sistem saraf pusat selektif
Obat dari golongan in bekerja secara selektif dan efektif untuk suatu hal saja. Penggunaan obat golongan ini biasanya untuk depresan dan juga sebagai perangsang. Mekanisme kerjanya dapat melalui beberapa cara seperti dalam pengobatan anti kejang, pelemas otot-otot yang bekerja sentral, secara analgetik dan obat psikofarmakologi.





Obat-obat penenang (antipsikotik) berbeda pengaruhnya dengan hipnotik sebab tidak menimbulkan efek anetetik. Sebagai contoh klorpromasin dan reserpin, penekanannya pada SSP tidak terlalu dalam sehingga hanya menimbulkan efek sedasi. Efek sedatif dapat mempengaruhi kemampuan koordinasi motorik hewan uji. Besar kecilnya pengaruh terhadap koordinasi motorik tersebut dapat menggambarkan besar kecilnya efek sedatif.

Fisiologi Tidur
Kebutuhan akan tidur dapat dianggap sebagai suatu perlindungan dari organisme untuk menghindari pengaruh yang merugikan tubuh karena kurang tidur. Tidur yang baik, cukup dan lama adalah mutlak untuk regenerasi sel-sel tubuh, dan memungkinkan pelaksanaan aktivitas pada siang hari dengan baik. Efek terpenting yang mempengaruhi kualitas tidur adalah penyingkatan waktu menidurkan, perpanjangan masa tidur, dan pengurangan jumlah periode terbangun. Pasat tidur di otak (sumsum sambungan) mengatur fungsi fisiologi ini yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.
Pada waktu tidur, aktifitas saraf parasimpatik meningkat dengan efek penyempitan pupil, perlambatan pernafasan, dan sirkulasi darah, serta stimulasi aktivitas saluran cerna dengan penguatan peristaltic dan sekresi getah lambung-usus. Singkatnya, proses-proses pengumpulan energi dan pemulihan tenaga dari organisme.
Pada umumnya, selama satu malam dapat dibedakan 4 sampai 5 siklus tidur dari kira-kira 1,5 jam. Setiap siklus terdiri dari 2 stadia, yaitu :
a. Tidur non-REM
Disebut juga Slow Wave Sleep (SWS), berdasarkan registrasi aktivitas listrik otak (EEG = elektro-encefalo-gram). Non-REM bercirikan denyutan jantung, tekanan darah, dan pernafaasn yang teratur, serta relaksasi otot tanpa gerakan otot muka atau mata. SWS ini berlangsung lebih kurang satu jam lamanya dan meliputi berturut-turut 4 fase, di mana fase 3 dan 4 merupakan bentuk tidur yang terdalam, juga penting bagi perbaikan (restorasi) alamiah dari sel-sel tubuh.
b. Tidur REM (Rapid Eye Movement) atau tidur parakdosal
Dengan aktivitas EEG yang mirip dengan keadaan sadar dan aktif, bercirikan gerakan mata cepat ke satu arah. Di samping itu jantung, tekanan darah, dan pernafasan turun-naik, aliran darah ke otak bertambah, dan otot-otot sangat relaks. Selama tidur REM yang pada kedua siklus yang pertama berlangsung 5-15 menit lamanya, timbul banyak impian, sehingga disebut juga tidur-mimpi. Berangsur-angsur fase mimpi menjadi lebih panjang, hingga pada siklus terakhir dapat berlangsung antara 20-30 menit lamanya.


Bila tidur REM dirintangi dan menjadi lebih singkat, misalnya akibat obat tidur, maka pasien mengalaminya sebagai tidur tidak nyenyak dan merasa tidak fit. Hal ini akhirnya dapat menimbulkan gangguan psikis dan mengganggu kesehatan. Saat berlangsungnya tidur paradoks terjadi pembebasan nonadrenalin dengan cara aktivasi neuron locus soeruleus, dan ini menyebabkan desinkronisasi gelombang EEG dan gerakan mata diaktifkan. Pada waktu yang sama, pembebasan serotinin dihambat juga. Alat pemacu yang menghambat bentuk ritmik dari proses ini masih belum dikenal
Fase non-REM memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan restorasi jaringan tubuh. Sedangkan fase REM berkaitan dengan kegiatan restorasi otak. Obat tidur pada umumnya menekan fase 3 dan 4 dari SWS serta tidur REM. Walaupun pada penggunaan kronis, penekanan tidur REM bersifat sementara, tetapi bila terapi dihentikan akan terjadi REM-rebound sebagai kompensasi (Drs. Tan Hoan Tjay dan Drs. Kirana Rahardja, 2002)
Semua sedatif-hipnotika akan menyebabkan tidur jika diberikan pada dosis yang cukup tinggi. Efek sedatif-hipnotik terhadap tahapan tidur bergantung dari beberapa faktor, termasuk obat tertentu, dosis, dan frekuensi pemakaian. Meski ada pengecualian pengaruh sedatif-hipnotik terhadap pola tidu normal adalah sebagai berikut :
1. lamanya mula tidur berkurang (waktu yang diperlukan untuk tidur)
2. lamanya tidur non-REM tahap 2 berkurang
3. lamanya tidur REM berkurang
4. lamanya tidur gelombang lambat berkurang.

Transpor sedatif-hipnotik di dalam darah merupakan proses dinamis dimana molekul-molekul obat masukdan keluar jaringan pada kecepatan yang bergantung pada aliran darah, perbedaan konsentrasi, dan permeabilitas. Kelarutan di dalam lipid memegang peranan penting dalam menentukan kecepatan dimana sedatif-hipnotika tertentu memasuki sistem saraf pusat.
Kelompok sedatif-hipnotik yang telah digunakan puluhan tahun adalah kelompok barbiturat. Barbiturat pertama kali dikenalkan sebagai suatu sedatif pada awal tahun 1990-an. Barbiturat bekerja pada seluruh sistem saraf pusat, walaupun pada setiap tempat tidak sama kuatnya. Kapasitas barbiturat membantu kerja GABA sebagian menyerupai kerja benzadiazepin, namun pada dosis tinggi barbiturat menimbulkan depresi sistem saraf pusat yang berat.






Berdasarkan masa kerjanya, turunan barbiturate dibagi menjadi 4, yaitu:
1. Turunan barbiturat dengan masa kerja panjang (6 jam atau lebih)
Contohnya : barbiturat, metarbital, fenobarbital
2. Turunan barbiturat dengan masa kerja sedang (3-6 jam)
Contoh :alobarbital, amobarbital, aprobarbital, dan butabarbital berguna untuk mempertahankan tidur dalamjangka waktu yang panjang
3. Turunan barbiturat dengan masa kerja pendek (0,5-3 jam)
Contoh : sekobarbital, dan pentobarbital, yang digunakan untuk menimbulkan tidur untuk orang yang sulit jatuh tidur.
4. Turunan barbiturat dengan masa kerja sangat pendek (<0,5 jam)
Contoh : thiopental yang digunakan untuk anestesi umum.
Barbiturat harus dibatasi penggunaannya hanya untuk jangka waktu pendek (2 minggu atau kurang) karena memiliki efek samping.
Selain barniturat, senyawa lain yang digunakan sebagai obat tidur antara lain :
1. Benzodiazepin
Benzodiazepin dapat menekan tahap 4 dari tidur NREM, yang mengakibatkantimbulnya mimpi yang jelas dan mimpi buruk, tetapi obat-obatan ini tidak mempengaruhi tidur REM. Benzodiazepin efektif pemakaiannya dalam gangguan tidur selama beberapa minggu lebih lama daripada sedative-hipnotik lainnya, tetapi obat-obatan ini tidak boleh dipakai lebih lama dari 3-5 minggu sebagai hipnotik. Golongan benzodiazepin memiliki sifat golongan alkohol yang tinggi. Keuntungan dari obat ini dibandingkan dengan barbital dan obat tidut lainnya adalah tidak atau hamper tidak merintangi tidur REM dan setelah beberapa minggu tidak kehilangan efektivitasnya dalam hal cepatnya menidurkan, memperpanjang, dan memperdalam tidur. Lagipula toksisitasnya rendah sekali ) dosis letal sangat tinggi) sehingga sukar sekali disalahgunakan untuk membunuh diri. Meskipun pada penggunaan yang lama dapat menimbulkan ketergantungan fisik maupun psikis, namun jauh lebih ringan daripada obat tidur lainnya. Karena sifatnya ini, benzodiazepin dianggap sebagai obat tidur pilihan pertama. Obat ini mempengaruhi secara selektif penerusan rangsangan tertentu sistem safar pusat. Selanjutnya terdapat indikasi bahwa mereka memperkuat khasiat neurotransmitter glycin dan GABA (gamma-aminobutyric acid) yang berdaya memblokir pelepasan muatan listik di otak. Contoh obat jenis ini adalah temazepam, nitrazepam, flunitrazepam, trizolam.






2. Alkohol dan aldehida, contohnya adalah Kloralhidrat dan Paraldehida.
Kloral hidrat digunakan untuk memulai tidur dan mengurangi terbangun dari pada malam hari, obat ini tidak menekan tidur REM.lebih sedikit terjadi hangover, depresi pernapasan, dan toleransi dengan kloral hidrat daripada sedative-hipnotik lainnya. Kloral hidrat efektif diberikan kepada orang lanjut usia yang mengalami gangguan hati ringanm tetapi untuk gangguan hati atau ginjal yang berat harus dihindari. (Joyce L / Kee dan Evelyn R. Hayes).
Paraldehida merupakan asetaldehida trimer.senyawa ini berkhasiat baik dan toksisitasnya kecil, tetpai tidak umum digunakan karena senyawa ini menyebabkan udara pernapasan berbau sangat tidak enak dan pada kontak langsung akan merangsang mukosa.efek samapingnya, walau jarang adalah rangsang batuk, eksantema dan terjadi keadaan mabuk. (Dinamika Obat, 1995)
3. Bromida : Kalium, natrium, dan amonium bromida, dan turunan-turunan urea karbonat dan bromisavol
Obat ini hanya berkhasiat hipnotik lemah, atau batu pada dosis yang mendekati dosis toksis. Sehingga digunakan terutama sebagai pereda sakit. Efek sedatif baru muncul setelah beberapa hari, sedangkan ekresinya lambat sehingga ada bahaya kumulasi dengan dengan efek toksik, akibatnya obat-obat jenis ini tidak digunakan lagi pada terapi modern.
4. Piperidindion dan metaqualon
Piperidin menyerupai barbiturat. Obat sedatif-hipnotik yaitu berupa glutetimid dan metiprilon, yang mempunyai efek serupa dengan barbiturat dengan masa kerja singkat, kedua obat ini dipasarkan sebagai non aditif, terapi obat-obat ini menimbulkan adiksi dan dapat menimbulkanreaksi merugikan yang serius, seperti kolaps vasomotor, anemia aplastik yang berat dan reaksi alergi. Iritasi lambungkadang-kadang terjadi

2 komentar:

  1. kak mungkin akan lebih bagus kalo disertai dengan daftar pustaka-nya catatan kaki ya. hehehe maaf bukannya apa, tetapi sebagai mahasiswa farmasi untuk tiap hari meminjam buku sebagai dasar teori itu terlalu menyiksa, apalagi kebijakan perpustakaan kami bahwa hanya boleh meminjam 2 buah buku dalam sehari, namun minimal buku yg diperlukan untuk daftar pustaka adalah 3 buah, sedangkan dalam 1 hari hanya diberi kesempatan untuk membuat laporan,karena dalam seminngu (6hari) full praktikum yang berbeda-beda, btw thanks ya atas sharenya

    BalasHapus
  2. oh iya.. terimakasih masukannya.. ini dari buku ajar dosen saya..

    BalasHapus

ayo tulis komentar donk