Selasa, 02 Maret 2010

sistem pengukuran

1. Fisika, seperti juga sains lainnya, merupakan usaha kreatif. Fisika bukan hanya merupakan sekompok fakta. Teori-teori yang penting dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan pengamatan. Untuk dapat diterima, teori “diuji” dengan membandingkan prediksinya dengan hasil eksperimen yang sebenarnya. Perhatikan bahwa, umumnya, sebuah teori tidak dapat dibuktikan secara absolut.

2. Para ilmuwan sering membuat model dari fenomena fisika. Sebuah model merupakan semacam gambaran atau analogi yang kelihatannya menjelaskan fenomena yang bersangkutan. Teori, sering dikembangkan dari model, biasanya lebih dalam dan lebih kompleks dari model yang sederhana.

3. Hukum ilmiah merupakan suatu pernyataan yang singkat, sering dinyatakan dalam bentuk persamaan, yang secara kuantitatif mendeskripsikan sekelompok fenomena yang meliputi kasus-kasus yang luas.

4. Pengukuran memainkan peranan penting pada fisika, tetapi tidak akan pernah tepat secara sempurna. Adalah penting untuk menentukan ketidakpastian suatu pengukuran, apakah dengan menyatakan langsung dengan menggunakan notasi , dan / atau dengan hanya memakai jumlah angka signifikan yang tepat.

5. Besaran-besaran fisika selalu dinyatakan relatif terhadap suatu standar atau satuan tertentu, dan satuan yang digunakan harus selalu diikut-sertakan. Satuan yang diterima secara umum saat ini adalah System International (SI), di mana satuan standar panjang, massa, dan waktu adalah meter, kilogram, dan detik (sekon).

6. Ketika melakukan konversi satuan, periksa semua faktor konversi agar satuan-satuan dapat saling meniadakan secara benar.

7. Membuat perkiraan kasar dari pangkat nilai merupakan teknik yang sangat berguna pada sains di samping dalam kehidupan sehari-hari.

Cotoh Soal
1. Apakah berlian ini milik Anda? Seorang teman ingin meminjam berlian Anda yang sangat berharga selam satu hari untuk diperlihatkan kepada keluarganya. Anda sedikit khawatir, sehingga anda timbang berlian itu pada sebuah timbangan di mana terbaca beratnya adalah 8,17 gram. Ketepatan timbangan tersebut adalah  0,05 gram. Hari berikutnya, Anda menimbang berlian tersebut setelah dikembalikan, dan terbaca 8,09 gram. Apakah ini berlian Anda?

2. Berapa jarak lari 100 m jika dinyatkan dalan yard?

3. Sebuah membaran yang bundar memiliki luas 1,25 inci persegi. Nyatakan dalam centimeter persegi?

4. Jika batas laju kendaraan yang diperbolehkan adalah 55 mil per jam (mi/jam atu mph), berapa laju ini (a) dalam meter per sekon (m/s) dan (b) dalam kilometer per jam (km/jam) ?


Latihan soal:
1. Berapa persen ketidakpastian dari volume bola pantai yang bundar yang radiusnya adalah r = 3,86  0,08 m?

2. Tentukan faktor konversi antara (a) km/h dan mi/h, (b) m/s dan ft/s, dan (c) km/h dan m/s?

3. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya (kecepatan = 2,998  108 m/s) dalam 1 tahun. (a) Berapa meter 1 tahun cahaya itu? (b) Satu satuan astronomi (AU) adalah jarak rata-rata dari Matahari ke Bumi, 1,50  108 km. Berapa AU 1 tahun cahaya itu? (c) Berapa kecepatan cahaya jika dinyatakan dalam AU/h?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ayo tulis komentar donk